Kritik Matan Mengenai hadist 2 kewajiban mendasar

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Hadis merupakan sumber ajaran Islam di samping al-Qur'an. Mengingat begitu pentingnya hadis, maka studi atau kajian terhadap hadis akan terus dilakukan
Berbeda dengan ayat-ayat al-Qur'an yang semuanya dapat diterima, hadis tidak semuanya dapat dijadikan sebagai acuan atau hujah. Hadis ada yang dapat dipakai, ada yang tidak. Di sinilah letak perlunya meneliti hadis.
Melalui makalah ini penulis mencoba menganalisa ke-shahih-an hadits dari Abu Bakar bin Abi Syaibah dan Abu Kuraib mengenai "Dua kewajiban yaitu bagi seseorang yang meninggal dalam keadaan musyrik (menyekutukan Allah SWT) maka ia masuk neraka dan bagi seseorang yang meninggal dalam keadaan tidak musyrik (tidak menyekutukan Allah SWT) maka ia akan masuk surga".

B. Fokus Masalah
1. Meneliti matan dengan terlebih dahulu melihat kualitas sanadnya.
2. Meneliti susunan redaksional matan hadis-hadis yang semakna.
3. Meneliti kandungan makna matan hadits.
4. Langkah terakhir adalah menyimpulkan hasil penelitian matan.

PEMBAHASAN
I. KRITIK MATAN
A. Makna Kritik Matan
Kata “kritik” dari bahasa Yunani krites, artinya “seorang hakim, krinein berarti “menghakimi”, kriterion berarti “dasar penghakiman”. Dalam konteks tulisan ini kata “kritik” dipakai untuk menunjuk kepada kata an-naqd dalam studi hadis. Dalam literatur Arab kata “an-naqd” dipakai untuk arti “kritik”, atau “memisahkan yang baik dari yang buruk.” Kata “an-naqd” ini telah digunkan oleh beberapa ulama hadis sejak awal abad kedua Hijriah, hanya saja istilah ini belum populer di kalangan mereka. Kata “an-naqd” memiliki pengertian yang sama dengan kata TAMYIZ yang berarti memisahkan sesuatu dari sesuatu yang lain.
Dari pengertian kata kritik di atas, dapat ditegaskan bahwa yang dimaksud dengan kritik matan hadis (naqd al-matn) dalam konteks ini ialah usaha untuk menyeleksi matan-matan hadis sehingga dapat ditentukan antara matan-matan hadis yang sahih atau lebih kuat dan yang tidak.

B. Tujuan Kritik Matan
Untuk mendapatkan data teks hadits yang mempetahankan formula kesahihan redaksi dan makna, dengan mengeliminir unsur sisipan, tambahan yg mengganggu dan pertentangan dengan dalil-dalil yang lebih kuat.

C. Kerangka Metodologi
1) secara prinsip, acuan kritik matan adalah kaidah kesahihan hadits
2) kritik sanad merupakan langkah awal bagi kritik matan
3) meneliti apakah pada matan itu terdapat syudzudz dan atau illat

Langkah metodologis kritik matan :
• Pertama, meneliti matan dengan terlebih dahulu melihat kualitas sanadnya
• Kedua, meneliti susunan redaksional matan hadis-hadis yang semakna
• Ketiga, meneliti kandungan makna matan hadis
• Keempat, langkah terakhir adalah menyimpulkan hasil penelitian matan.

Tujuan penelitian redaksi matan adalah:
a) mewaspadai gejala Idraj (sisipan kata)
b) mewaspadai gejala Taqlib (pindah tata letak kata)
c) mewaspadai gejala Idhtirab (kekacauan atau rancu)
d) mewaspadai gejala Tashif atau tahrif (perubahan)
e) mewaspadai gejala Ziyadah (penambahan anak kalimat)
f) mewaspadai gejala reduksi (penyusutan). Yang berakibat terjadinya tafarrud atau syudzudz.

II. HADITS YANG DI-TELAAH

و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا الْمُوجِبَتَانِ فَقَالَ مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّار

َ

Redaksi matan yang semakna ditemukan pada :
1. Redaksi matan dengan menggunakan الموجبتان
Riwayat Imam Muslim
 وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة وأبو كريب قالا حدثنا أبو معاوية عن الأعمش عن أبي سفيان عن جابر قال : أتى النبي صلى الله عليه و سلم رجل فقال يا رسول الله ما الموجبتان ؟ فقال من مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة ومن مات يشرك بالله شيئا دخل النار
[ ش ( الموجبتان ) معناه الخصلة الموجبة للجنة والخصلة الموجبة للنار]

Riwayat Imam Ahmad bin Hambal
 حَدَّثَنَا هَاشِمٌ حَدَّثَنَا الْمُبَارَكُ حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيُّ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُوجِبَتَانِ مَنْ لَقِيَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَلَا يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ لَقِيَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَهُوَ مُشْرِكٌ دَخَلَ النَّارَ

 حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا الْمُوجِبَتَانِ قَالَ مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ دَخَلَ النَّارَ

 حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنِ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ غَرَسَ غَرْسًا فَأَكَلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ أَوْ طَيْرٌ أَوْ سَبُعٌ أَوْ دَابَّةٌ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُبَيْدٍ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا الْمُوجِبَتَانِ فَذَكَرَ الْحَدِيثَ

 حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا النضر بن إسماعيل أبو المغيرة ثنا بن أبي ليلى عن أبي الزبير عن جابر قال : أتى النبي صلى الله عليه و سلم رجل فقال يا رسول الله أي الصلاة أفضل قال طول القنوت قال يا رسول الله وأي الجهاد أفضل قال من عقر جواده وأريق دمه قال يا رسول الله أي الهجرة أفضل قال من هجر ما كره الله عز و جل قال يا رسول الله فأي المسلمين أفضل قال من سلم المسلمون من لسانه ويده قال يا رسول الله فما الموجبتان قال من مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة ومن مات يشرك بالله شيئا دخل النار

 حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا يزيد أنا المسعودي عن الركين بن الربيع عن رجل عن خريم بن فاتك قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : الأعمال ستة والناس أربعة فموجبتان ومثل بمثل وحسنة بعشر أمثالها وحسنة بسبعمائة فأما الموجبتان فمن مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة ومن مات يشرك بالله شيئا دخل النار وأما مثل بمثل فمن هم بحسنة حتى يشعرها قلبه ويعلمها الله منه كتبت له حسنة ومن عمل سيئة كتبت عليه سيئة ومن عمل حسنة فبعشر أمثالها ومن انفق نفقة في سبيل الله فحسنة بسبعمائة وأما الناس فموسع عليه في الدنيا مقتور عليه في الآخرة ومقتور عليه في الدنيا موسع عليه في الآخرة ومقتور عليه في الدنيا والآخرة وموسع عليه في الدنيا والآخرة

 حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا أبو النضر ثنا المسعودي عن الركين بن الربيع عن أبيه عن خريم بن فاتك قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : الأعمال ستة والناس أربعة فموجبتان ومثل بمثل والحسنة بعشر أمثالها والحسنة بسبعمائة فأما الموجبتان من مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة ومن مات يشرك بالله شيئا دخل النار وأما مثل بمثل فمن هم بحسنة حتى يشعرها قلبه ويعلم الله عز و جل ذلك منه كتبت له حسنة ومن عمل سيئة كتبت عليه سيئة ومن عمل حسنة كتبت له بعشر أمثالها ومن أنفق نفقة في سبيل الله فحسنة بسبعمائة والناس أربعة موسع عليه في الدنيا مقتور عليه في الآخرة وموسع عليه في الآخرة مقتور عليه في الدنيا وموسع عليه في الدنيا والآخرة ومقتور عليه في الدنيا والآخرة
2. Redaksi matan bahwa sabda Rasulullah SAW من مات يشرك بالله شيئا دخل النار
Riwayat Imam Muslim
 حدثنا محمد بن عبدالله بن نمير حدثنا أبي ووكيع عن الأعمش عن شقيق عن عبدالله ( قال وكيع قال رسول الله صلى الله عليه و سلم وقال ابن نمير سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم ) يقول : من مات يشرك بالله شيئا دخل النار وقلت أنا ومن مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة

Riwayat Imam Bukhori
 حدثنا عمر بن حفص حدثنا أبي حدثنا الأعمش حدثنا شقيق عن عبد الله رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه و سلم ( من مات يشرك بالله شيئا دخل النار ) . وقلت أنا من مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة
Riwayat Imam Ahmad bin Hambal
 حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ أَبِى وَائِلٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَلِمَةً وَقُلْتُ أُخْرَى قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ النَّارَ ». وَقُلْتُ مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ الْجَنَّةَ

3. Redaksi matan bahwa sabda Rasulullah SAW مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ الْجَنَّةَ
Riwayat Imam Ahmad bin Hambal
 حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ شَقِيقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَلِمَةً وَقُلْتُ أُخْرَى قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ الْجَنَّةَ ». قَالَ وَقُلْتُ أَنَا مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ النَّارَ

 حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ شَقِيقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ الْجَنَّةَ ». قَالَ وَقُلْتُ مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ النَّار

 حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا أبو معاوية ثنا الأعمش عن شقيق عن عبد الله قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : كلمة وقلت أخرى قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة قال وقلت أنا من مات يشرك بالله شيئا دخل النار

 حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا أبو معاوية ثنا الأعمش عن شقيق عن عبد الله قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : من مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة قال وقلت من مات يشرك بالله شيئا دخل النار

SKEMA SANAD

ANALISA SINGKAT SANAD

Ditinjau dari segi kualitas perowi, hadits ini merupakan hadits ahad. Pada thobaqot pertama termasuk hadits ahad masyhur karena diriwayatkan oleh tiga orang sahabat yaitu sahabat Jabir bin Abdullah bin Amr bin Hiram, Abdullah bin Mas'ud bin Ghafil bin Habib serta Khorim bin Fatik. Pada thobaqot kedua yaitu pada tingkatan tabi'in juga merupakan hadits ahad masyhur karena diriwayatkan lebih dari tiga orang yaitu tujuh orang diantaranya Syaqiq bin Salmah, Tholhah bin Nafi', Muhammad bin Muslim bin Tadris, Bakar bin Abdullah, ar-Rabi' bin 'Amilah serta Isim Mubham. Pada thobaqot ketiga yaitu pada tingkatan tabi'it tabi'in juga merupakan hadits ahad masyhur karena diriwayatkan oleh empat orang yaitu Sulaiman bin Mahran, Muhammad bin Abdur Rahman bin Abi Laila, Mubarok bin Fudholah bin Abi Umaiyyah serta Rakin bin ar-Rabi' bin 'Amilah. Pada thobaqot keempat yaitu pada tingkatan tabi'it tabi'it tabi'in juga merupakan hadits ahad masyhur karena diriwayatkan oleh tujuh orang yaitu Hafs bin Ghiyats bin Thalq, Abdullah bin Numair, Waki', Muhammad bin Khozim, an-Nadhor bin Isma'il bin Hazim, Hasyim bin al-Qosim bin Muslim bin Muqsam serta Abdur Rahman bin Abdillah bin 'Utbah bin Abdullah bin Mas'ud. Pada thobaqot kelima yaitu pada tingkatan tabi'it tabi'it tabi'in kebawah juga merupakan hadits ahad masyhur karena diriwayatkan oleh enam orang yaitu Umar bin Hafs bin Ghiyas, Muhammad bin Abdullah bin Numair, Muhammad bin Abdil 'Ila' bin Kuraib, Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah Ibrahim bin Ghiyas, Yazid bin Harun serta Ahmad bin Hambal. Sedang pada thobaqot keenam merupakan hadits ahad masyhur karena hanya diriwayatkan oleh dua orang yaitu al-Bukhori, Abdullah serta Muslim bin al-Hujjaj.
Sedangkan jika ditinjau dari segi kualitas sanad, hadits ini kami asumsikan sebagai hadits shahih.


ANALISA REDAKSI MATAN

1. Analisa Pertama
Riwayat Imam Muslim
 وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة وأبو كريب قالا حدثنا أبو معاوية عن الأعمش عن أبي سفيان عن جابر قال : أتى النبي صلى الله عليه و سلم رجل فقال يا رسول الله ما الموجبتان ؟ فقال من مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة ومن مات يشرك بالله شيئا دخل النار

Riwayat Imam Ahmad bin Hambal
 حَدَّثَنَا هَاشِمٌ حَدَّثَنَا الْمُبَارَكُ حَدَّثَنَا بَكْرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْمُزَنِيُّ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُوجِبَتَانِ مَنْ لَقِيَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَلَا يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ لَقِيَ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَهُوَ مُشْرِكٌ دَخَلَ النَّارَ
Kritik:
Pada riwayat Imam Muslim menggunakan redaksi مَاتَ (meninggal) sedangkan pada riwayat Imam Ahmad bin Hambal dengan redaksi لَقِيَ (bertemu) kedua hadits tersebut meskipun dengan menggunakan redaksi yang berbeda itu tetap bisa dikompromikan karena artinya tidak bertentangan.

2. Analisa Kedua
Riwayat Imam Muslim
 وحدثنا أبو بكر بن أبي شيبة وأبو كريب قالا حدثنا أبو معاوية عن الأعمش عن أبي سفيان عن جابر قال : أتى النبي صلى الله عليه و سلم رجل فقال يا رسول الله ما الموجبتان ؟ فقال من مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة ومن مات يشرك بالله شيئا دخل النار

 حدثنا محمد بن عبدالله بن نمير حدثنا أبي ووكيع عن الأعمش عن شقيق عن عبدالله ( قال وكيع قال رسول الله صلى الله عليه و سلم وقال ابن نمير سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم ) يقول : من مات يشرك بالله شيئا دخل النار وقلت أنا ومن مات لا يشرك بالله شيئا دخل الجنة
Riwayat Imam Ahmad bin Hambal
 حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ حَدَّثَنِى أَبِى حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ شَقِيقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَلِمَةً وَقُلْتُ أُخْرَى قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ مَاتَ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ الْجَنَّةَ ». قَالَ وَقُلْتُ أَنَا مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئاً دَخَلَ النَّارَ

Kritik :
Kedua hadits yang pertama sama-sama riwayat Imam Muslim, akan tetapi hadits pertama menggunakan redaksi مَا الْمُوجِبَتَانِ sehingga ketika nabi ditanya beliau menjawab
مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ .
Pada hadits kedua sabda Rasulullah hanya مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ sedangkan مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ merupakan tambahan atau ucapan dari sahabat. Pada hadits ketiga, hadits riwayat Imam Ahmad bin Hambal, Rasulullah bersabda sebaliknya yaitu مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ sedangkan مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ merupakan tambahan atau ucapan sahabat untuk menjelaskan maksudnya. Disini ada indikasi bahwa nabi bersabda مَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّارَ dan diwaktu yang lain beliau juga bersabda مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ . Dari kedua sabda nabi tersebut oleh sahabat diformat menjadi satu dalam bentuk dialog dengan menggunakan kata tanya yaitu مَا الْمُوجِبَتَانِ. Sehingga pada hadits tersebut terdapat idraj (sisipan) yaitu redaksi مَا الْمُوجِبَتَانِ .
KESIMPULAN
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ جَابِرٍ قَالَ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا الْمُوجِبَتَانِ فَقَالَ مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ الْجَنَّةَ وَمَنْ مَاتَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا دَخَلَ النَّار

Pada hadits ini terdapat idraj (sisipan) sehingga hadits ini merupakan hadits mudraj yaitu pada redaksi مَا الْمُوجِبَتَانِ . Akan tetapi para ulama’ masih memberikan toleransi karena motif penyisipan ini hanya bertujuan untuk penjelas.

Idraj (sisipan) :
• Ialah sisipan kata /kalimat oleh perawi (sahabat), yang menyatu dengan matan asal, tanpa penyekat yang memisah, dan tanpa menunjuk perawi yang menyisipkan.
• Letak kata/kalimat yg disisipkan bisa di awal, tengah atau akhir.
• Motif memberi sisipan, adalah lebih didorong untuk kepentingan penjelasan lafadz yg gharib

Akibat idraj :
• Jika motif penyisipan hanya untuk tujuan penjelasan, maka sebagaian ulama masih memberikan toleransi
• Jika motif penyisipan tidak untuk tujuan penjelasan, maka dapat menggugurkan sifat Adalah bagi perawi (tertuduh berdusta)
• Hadits yang terbukti dimasuki sisipan, dinamakan Hadits Mudraj

Hadist ini merupakan matan yang maqbul artinya dapat diterima sehingga dapat dijadikan hujjah sebagaimana persyaratan matan maqbul menurut Al-Khatib Al-Baghdadi yaitu :
• Tidak bertentangan dengan akal sehat.
• Tidak bertentangan dengan hukum al-Qur’an yang muhkam.
• Tidak bertentangan dengan hadits mutawatir
• Tidak bertentangan dengan ijma’ ulama’
• Tidak bertentangan dengan dalil yang sudah pasti
• Tidak bertentangan dengan hadits ahad yang lebih kuat

Diantara ayat al-Qur’an yang menerangkan bahwa orang yang syirik itu masuk neraka diantaranya :
• Surat al-Bayyinah ayat 6
•         •        
Artinya :
Sesungguhnya orang-orang yang kafir Yakni ahli kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.

• Surat al-Fath ayat 6
                    •    
Artinya :
Dan supaya Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang mereka itu berprasangka buruk terhadap Allah. mereka akan mendapat giliran (kebinasaan) yang Amat buruk dan Allah memurkai dan mengutuk mereka serta menyediakan bagi mereka neraka Jahannam. dan (neraka Jahannam) Itulah sejahat-jahat tempat kembali.


Sedangkan ayat al-Qur’an yang meneerangkan bahwa orang yang tidak syirik masuk surga diantaranya :
• Surat an-Nisa’ ayat 122 dan 124
     •                  
            •    
Artinya :
122. Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amalan saleh, kelak akan Kami masukkan ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah telah membuat suatu janji yang benar. dan siapakah yang lebih benar perkataannya dari pada Allah ?
124. Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, Maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun.

• Surat al-Mu’min ayat 40
                   •     
Artinya :
Barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, Maka Dia tidak akan dibalasi melainkan sebanding dengan kejahatan itu. dan Barangsiapa mengerjakan amal yang saleh baik laki-laki maupun perempuan sedang ia dalam Keadaan beriman, Maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezki di dalamnya tanpa hisab.


• Surat an-Nahl ayat 31
•                 
Artinya :
(yaitu) syurga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi Balasan kepada orang-orang yang bertakwa

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar