Dosa yang keluar setelah berwudlu'

A. Matan Hadits
Untuk hadits yang menerangkan tentang hilanganya dosa-dosa hamba ketika berwudlu’ ini, penulis tidak banyak menemukan matan Hadits ini, hanya ada lima hadits. Masing-masing satu hadits dalam kitab Shohih muslim, Muwatho’, Jami’us shohih, dan dua lainya ditemukan dalam kitab Sunan Ibnu majah.
Secara rinci hadits-hadits dan sanasanadnya tersebut adalah sebagai berikut:
1.Hadsit Shohih Muslim
صحيح مسلم: جزء 1
اللصفحة: 149-148
باب خروج الخطابا مع ماء الوضوء
حدثن سويدا بن سعيد عن مالك ابن أنس ح حديثنا أبو الطاهرو اللفظ له أخبرنا عبدالله ابن وهب عن مالك ابن أنس عن سهيل ابن أبى صالح عن أبيه عن أبى هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال إذا توضاء العبد المسلم أو المؤمن فغسل وجه خرج من وجهه كل خطيبة تطر إليها بعينة مع الماء أو مع اخر قطر الماء فاذا غسل يديه خرج من يديه كل خطيئة كان بطشتها يداه مع الماء أو مع اخرج قطر الماء فاذا غسل رجلين خرجت كل خطيئة مشتها رجلاه مع الماء أو مع اخر قطر الماء حتى يخرج نقيا من الذنوب.
C. Biografi Para Perowi

1. Amar bin Abasah as-Sulaimi ( shohaby )
Julukannya adalah Ibn Najih seorang sahabat Rasulullah SAW seorang pejuang Islam yang telah memperjuangkan Mekah bersama Nabi, beliau masuk Islam pada kisaran tahun ke-4 sampai ke-5 tahun ke-Islaman. Beliau adalah saudara Abu Dzar dan ibunya yang bernama Ramlah berasal dari Bani Waqi’ah.
Guru beliau adalah Rasulullah SAW.
Murid beliau diantaranya adalah Abdullah bin Mas’ud seorang sahabat Nabi, Abdurrahman bin Al Bailamani, Abdurrahman bin A’id, Uday bin Arthoh.
Beliau lahir di kota Syam, Menurut Hafid bin Hijaz beliau wafat pada akhir masa Kalifah Utsman dan tidak ditemukan adanya penuturan beliau wafad pada masa Muawiyah. Hakim Abu Ahmad mengatakan beliau wafad di Syam dan lainnya berkata di Hamsh, dan adapula yang mengatakan beliau wafat di hilwan.
Menurut para sahabat beliau termasuk daftar perowi yang adil dan tsiqoh.
2. Abu Hurairah Ad-Dausy al-Yamani ( sahabat )
Nama lengkap beliau adalah Abdurrahaman bin shokhr, dan Abu hurairah adalah nama julukan beliau.
Beliau seorang sahabat Rasulullah SAW.
Guru-guru beliau diantaranya adalah Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar, Umar, dan Abi Ibn Ka’ab.
Murid-murid beliau diantaranya adalah Abu Sholih As-Saman, Ibn Abbas, Anas, Jabir.
Beliau lahir di Madinah, dan wafat di Madinah juga pada tahun 570 H.
Karena beliau hidup di masa nabi,maka hadits-adits yang diriwayatkan beliau adalah tsiqoh dan beliau adalah rowi yang adil.
3. Abdullah bin as-Shunabahi ( Sahabat )
Guru beliau yaitu Ubadah bin as-Shomit bin Qoish (Abul Walid). Sedangkan muridnya adalah Atho’ bin Yasar (Abu Muhammad).
Menurut darul Quthni hadits yang diriwayatkannya tsiqoh.
4. Atho’ Ibn Yasar al-Hilaly (kibarut tabi’in )
Ayah dari Muhammad al-Madani seorang qodli dan orang yang dimerdekakan Maimunah, istri Nabi SAW.
.Guru-guru beliau diantaranya, Abi Abdullah ash-Shonabahy, Abi Qutadah al-Anshori, Abi Darda’
Murid-murid beliau diantaranya, Zaid bin Aslam, Shofwan Ibn Salim Amr Bin Dinnar.
Menurut Ishaq bin Mansur dari Yahya Ibn Ma’in, Abu Zar’ah dan an-Nasa’i kedudukan haditsnya tsiqoh
Beliau dilahirkan di kota madinah dan wafat pada tahun 103 H, di iskandariyah.
5. Abdurrahman al-Bailamani (al-Wustho minat Tabi’in)
Nama lengkap beliau adalah Abdurrahman bin abu yazid al-Bailamani al-Madani, beliau lahir di jazirah
Guru-guru beliau diantaranya: Abu Abdurrahman, Umar bin Abasah bin Amir dan al-Qo’qo’ bin Hakim.
Murid-murid beliau diantaranya : Yazid bin Tholaq, Zaid bin Aslam dan Abdul Malik al-Mughiroh.
Menurut ibnu Hibban hadits yang diriwayatkannya adalah tsiqoh. Sedangkan menurut ad-Darul Quthni hadits yang diriwayatkannya adalah dho’if. Kedhoifannya dikarenakan tidak disertai hujjah.
6. Yazid bin Tholaq
Beliau bukanlah termasuk sahabat Nabi.
Guru beliau adalah Abdurrahaman al-Baylamani, muridnya diantaranya adalah Ya’la bin Atho’.
Menurut Daril Qotniy, Ibnu Hibban menuturkan dan menjabarkan bahwa beliau tsiqoh.
7. Yazid bin Aslam al-Quraisyi ( al-wustho min tabiin )
Beliau adalah ayah dari Usamah, yang dimerdekakan oleh Umar bin Khattab.
Guru-guru beliau diantaranya adalah Atho’ bin Yasar, Ubaid bin Juraij, Amar bin Rafi’.
Diantara murid-murid beliau adalah anaknya sendiri Usamah, Harits bin Ya’qub, Hafsh bin Maisaroh, Dawud bin Qais.
Beliau lahir di Madinah dan wafat juga di Madinah pada tahun 252 H. Pada usia 63 tahun.
Menurut Abdullah bin Ahmad bin Hambal dari ayahnya, Abu Zar’ah, Abu Hatim, Muhammad bin Sa’d, an-nasa’i, Ibnu Hazasy, hadits yang diriwayatkan beliau adalah tsiqoh.
8. Ya’la bin Atho’ al-Amiriy al-Laisy at-Tho’ifi. ( Bukan tabi’n di masa pertengahan )
Guru beliau, al-Walid bin Abdurrahman, Waki’ bin Adas, Yazid bin Thalaq,
Murid beliau diantarannya, Syu’bah, ats-Tsaury, Hammad bin Salamah, Abu Uwanah.
Ya’la lahir di tho’if, dan menurut Hasyim, Ya’la meninggalkan kita (meninggal) pada tahun 120 H dan menurut Bukhori, Ya’la wafat pada pertengahan tahun 120 H.
Menurut Ibnu Ma’an, An-Nasai’I, Ibnu Hibban juga Ibnu Sa’ad, Hadits beliau adalah tsiqoh.
9. Su’bah bin al-Hajjaj bin al-Wardy al-‘Azdy ( kibarul Atba’ )
Beliau dikenal dengan sebutan Abu bustham.
Guru-guru beliau diantaranya adalah Abban bin Taghlib, Ibrahim bin Amir bin Mas’ud, Ibrahim bin Muhammad bin al-Mintasyar, dan Ibrahim bin Muslim al-Hajry.
Murid-Muridnya diantaranya adalah Ayyub, al-‘Amasy, Sa’ad bin Ibrahim, dan Muhammad bin Ishaq.
Syu’bah lahir di Bashrah dan wafat juga di Bashrah. Menurut Abu Bakar bin Manjawy, beliau meninggal pada tahun 160 H berumur 82.
Komentar; Su’bah bin al-Hajjaj tsiqoh menurut ibnu Habban dan al-‘Ajly. Dan menurut Sufyan ats-Tsaury beliau orang yang dapat dipercaya dalam meriwayatkan hadits.
10. Muhammad bin ja’far al-Hudzaliyyu. ( ash-shughro minal atba’ )
Julukan beliau adalah Abu Abdullah al-Basri. Muhammad bin Ja’far dikenal dengan sebutan Ghondar.
Guru-guru berliau diantaranya Syu’bah, Ma’mar bin Rasyid, Auf al-“Arabiy, Abdullah bin Sa’id bin abi Hind.
Murid-muridnya adalah Bundar (Muhammad bin Basyar), Muhammad bin al-Walid, Muhammd bin Amar bin Jabalah bin abi Rowad.
Beliau lahir di bashrah, Ibnu Hibbaan mengatakan beliau wafat ada bulan Dzulko’dah pada tahun 193 H di bashrah juga, pada umur menurut Ibnu Sa’ad 94 tahun, sedangkan menurut Bukhori pada usia 92.
Menurut Ibnu Hibban dan al-‘Ajly keduanya mengatakan tsiqoh, menurut Yahya bin Sa’dan beliau adalah termasuk penulis hadits yang shohih tulisanya.
11. Hafsh bin Maisaroh al-Akily ( Al-wustho minal Atba’ )
Beliau tinggal di as-Asqolan. Guru-guru beliau diantaranya adalah Zaid bin Aslam, Suhail bin Abi Sholeh, Shodiq bin Musa as-Zubairi.
Murid-muridnya diantaranya adalah Suwaid bin Sa’id, Abdullah bin Daud al-Khuraiby, Abdullah bin Wahb.
Beliau lahir di Syam dan meninggal (menurut Ibnu Hambal, Abu Husain, Abu Sa’id bin Yunus) pada tahun 181 H.
Komentar; Ya’qub bin Sufyan, beliau adalah tsiqoh yang tidak diragukan lagi.
12. Muhammad bin Basyar bi Usman bin daud bin Kisan al-‘Idy. ( kibaru tabi’al atba’)
Beliau memiliki juga julukan Bundar.
Guru beliau adiantaranya adalah Ghondar Abdul Wahab Haramy bin Amara bin Abi Uday, Mu’ad bin Hisyam.
Murid-murid beliau diantaranya adalah Ibnu Majah, Imam ahmad, dan Ad-Daramy.
Beliau lahir di bashrah, dan wafat pada tahun 252.
Menurut al-‘Ajly dan Bukhori. Muhammad bin Basyar terkenal dengan predikat tsiqoh.begitu juga menurut An-Nasa’I yang mengatakan bahwa beliau adalah orang sholih dan tidak diragukan lagi.
13. Suhail bin Abi Sholeh (lam tulqi shohabah )
Nama ayahnya Dakwan as-Saman, abu Yazid al-Madany dimerdekakan oleh Juwairiyah binti al-Ahmas seorang perempuan dari Ghothfan. Beliau adalah saudara Abdullah bin Abi Sholeh, dan Muhammad bin Abi Sholeh.
Gurunya diantaranya yaitu ayahnya sendiri (Abu Sholeh dakwan as-Saman), Habib bin Hassan al-Kufy, Rabi’ah bin Abdurrahman, Abu hafsh, Abdullah bin Dinar.
Muridnya diantaranya adalah Malik bin Anas, Abu Muawiyah Muhammad bin Khozim ad-Dlolir, Abdul Malik bin Juraij, Musa bin Uqbah.
Komentar; Ahmad bin Abdullah al-Ajly mengatakan bahwa hadits yang diriwayatkan oleh Suhail adalah tsiqoh.
14. Suwaid bin Sa’id al-Harowi al-Hadatsani (Kibaru Tabi’ al-Atsba’ )
Nama lengkap beliau adalah Suwaid bin Sai’id bin Sahal, julukan beliau adalah Abu Muhammad.
Guru-guru beliau adalah, Abi Ishaq, Abu Bakar bin Iyasy. Murid biliau adalah, ibn Majjah dan Imam Ahmad.
Beliau lahir di Haditsah dan wafat pada tahun 240 H. Hadits yang diriwayatkan oleh suwaid adalah diharapkan kebenarannya menurut ibn Hibban. Sedangkan menurut Abul Qosim al-Bughwi, beliau adalah termasuk para penghafal hadits.
15. Abu Bakar bin Abi Syaibah al-Abasy ( Kibaru Tabi’ al-Atba’)
Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Muhammad bin Abu Syaibah Ibrahim bin Utsman.
Guru-guru beliau diantaranya adalah, Muhammad bin Ja’far, Abu Nu’aim, Ali bin Hasyim bin al-Barid, Umar bin Sa’id bin Ubaid.
Murid-murid beliau adalah, ibn Majah, Imam Ahmad, dan ad-Darami.
Hadits yang diriwayatkan beliau menurut Ahmad bin Hanbal dan Yahya bin Mu’in adalah benar. Dan menurut Abu Hatim al-Rozi, ibn Khorosy dan al-Ajli adalah tsiqoh.

16. Dzakwan as-Samani ( Sahabat)
Beliau memiliki nama julukan Abu Sholih. Guru-guru beliau diantaranya Abu Hurairah, Abul Abbas, Abu Muhammad, Abu Abdullah, Abu Ishaq.
Murid-murid beliau diantaranya Suhail bin Abi Sholih, Syu’bah bin al-Hajjaj, Sholih bin Abi Sholih, Abu Abdurrahman.
Menuurut ibn Hibban, as-Sajiy, Yahya bin Mu’in, Abu Zar’ah ar-Rozi, Muhammad bin Sa’d hadits yang diriwayatkannya adalah tsiqoh.
17. Ibn Majah
Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Yazid al-Ruba’I, beliau meriwayatkan hadits kepada Ali bin Sa’id bin Abdillah al-Adani, Ja’far bin Idris, Muhammad bin Ais Shofar.
Ulama’ Halil berkomentar mengenai ibn Majah sebagi berikut, bahwa haditsnya adalah tsiqoh kabir, muttafaq aleh, beliau mengetahui hadits dan hafal Hadits.
Nilai Hadist
A. Analisis Nilai hadist dari jumlah Sanad.
Sebagaimana tergambar pada skema sanad di atas, hadist yang pada esensinya mengenai menghilangkan dosa dengan atau saat berwudlu’ yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Malik bin Anas (Imam Malik), at-Tirmudzi, dan Ibnu Majah sejak pertama sampai perawi akhir melibatkan tidak kurang dari dua puluh lima orang perawi.
Pada thobaqot pertama (perawi pertama) terdiri atas tiga yaitu; Amri bin Abasah, Abdullah bin as-Syunabahi, dan Abu Hurairah.
Dari jumlah perawi pada thabaqat pertama ini saja dapat disimpulkan bahwa dari banyak sedikitnya perawi atau sanad, hadits bersangkutan dapat dikategorikan sebagai hadits ahad masyhur.
Hadits ahad adalah hadits yang diriwayatkan oleh orang seorang, atau dua orang atau lebih, teapi belum cukup syarat untuk dikategorikan sebagai hadits mutawatir
Pada thobaqot kedua, melibatkan tiga orang perawi, yaitu; Abdurrahman a-Bailamany, Atho’ bin Yasar, dan Abu Sholeh (Dakwan). Pada thobaqot ketiga, yaitu, Ya’la bin Atho’, Yazid bin Aslam, dan Suhain abi Sholeh.
Dengan demikian , maka sejak perawi pertama sampai dengan perawi generasi ke tiga , masing-masing diriwayatkan tiga orang
Kemudian pada thobaqot keempat, terdapat hanya dua perowi, yaitu; Syu’bah dan Abdullah bin Wahbin. Sedangkan pada thobaqot kelima para perowinya sama jumlahnya dengan thobaqot pertama, kedua, dan ketiga. Dan terakhir pada thobaqot keenam ya terdapat enam perawi.
Memperhatikan jumlah para perawi pada tiap-tiap thabaqat; mulai dari thabaqat pertama sampai pada thabaqat ke tiga, maka sanad hadist hilangnya dosa ketika berwudlu’ dari seluruh wudlu’ tersebut dapat dikategorikan sebagai sanad yang Ahad Masyhur. Sedangkan pada thobaqot selanjutnya, yaitu yang keempat hanya terdapat dua perowi yang mana dikatakan sebagai hadist Aziz. Berlanjut pada thobaqot selanjutnya, yaitu kelima yang sama dengan yang pertama sampai ketiga. Sedangkan pada thobaqot yang terakhir terdapat enam perowi yang di dalam ilmu hadist disebut sebagai sanad yang mutawatir, walaupun bukan mutawatir lafdhi, tetapi mutawatir maknawi.
Atas dasar kesimpulan ini, maka kedudukan hadits hilangnya dosa ketika berwudlu’ dari seluruh wudlu’ dikatakan ahad masyhur karena terdapat perowi
Mukhorrijnya terdapat empat perowi, yaitu; Imam Muslim, Malik bin Anas (Imam Malik), at-Tirmudzi, dan Ibnu Majah

B. Analisis Nilai hadist dari kualitas Sanad
Untuk melengkapi kesempurnaan penelitian ini, diperlukan penjelasan rinci tentang diskriptif kualitas masing-masing sanad yang ada pada hadist di atas.
Pada hal ini yang akan dianalisis dari nilai hadist dari kualitas sanad hanya pada dua mukhorrij, yaitu Ibnu Majah dan Imam Malik. Untuk uraian lebih lanjut akan dijelaskan dibawah ini.
Pertama. hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, diantaranya ialah;
1. Dari;
Muhammad ibnu Basyar (w. 252 H) dan Abu Bakar bin Syibah, (w. 235 H)
dari Muhammad bin Ja’far, (193 H)
dari Syu’bah, (160 H)
dari Yu’la ibnu Atho’, (w. 120 H)
dari Yazid bin Talaq,
dari Abdurrahman al-Bailamany,
dari Amar bin ‘Absah,
dari Rasulullah.
2. Dari;
Suwaid ibnu Sa’id, (w. 240 H)
dari Hafs ibn Maisaroh, (w. 181 H)
dari Yazid bin Aslam, ( 136 H)
dari Atho bin Yasar, (w. 103 H)
dari Abdullah ibnu as-Syonabakhiy,
dari Rasulullah.
Dari sisi persambungan sanad , hadits yang diriwayatkan melalui rangkaian perawi di atas dapat disimpulkan sebagai muttashil. Hal ini dapat dibuktikan bahwa masing-masing perawi dengan perawi terdekat sebelumnya pernah hidup satu generasi dan terbukti ada pertemuan, karena mereka memiliki hubungan guru dan murid.
Dalam keterangan ahli sejarah hadist, dari kesemua perowi hadist yang dikemukakan di atas mendapat gelas tsiqoh dari berbagai ahli hadist namun terkecuali terdapat pada Suwaid yang dipredikatkan ‘diharapkan kebenarannya atau termasuk penghafal hadist’ sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hadist dari jalur Ibnu Majah ini masih belum bisa dijadikan sebagai hujjah atau landasan atau dalil dalam melaksanakan suatu ibadah

Sedangkan yang kedua dari Malik bin Anas, hadist yang diriwayatkan ialah;
Yazid bin Aslam, (136 H)
Atho bin Yasar, (w. 103 H)
Abdullah ibnu as-Syonabakhiy,
Dari segi persambungan sanad jalur transmisi sanad Imam Malik melalui Suhail Abi Sholeh tersebut dapat dinyatakan memunuhi persyaratan muttashil, sebab dari sejarah hidup mereka, terbukti adanya kesezamanan dan pertemuan antara masing-masing perawi dengan perawi terdekat sebelumnya. Mereka dibuktikan dalam sejarah bahwa disamping mereka memiliki hubungan guru-murid, mereka juga hudup satu zaman.
Seperti dalam penjelasan di atas, bahwasanya para perowi yang lewat jalur Malik bin Anas sama halnya dengan predikat yang disandarkan, yaitu Tsiqoh. Sehingga dari jalur periwayatan Malik bin Anas dapat

PENUTUP

Memperhatikan penjelasan pada bab-bab terdahulu, dapat disimpulkan sebagai berikut:

Pertama, dari segi jumlah sanad, hadits-hadits tentang hilangnya dosa ketika berwudlu’, yang diriwayatkan Muslim, Ibnu Majah, al-Turmudzi dan Malik, dapat dilihat dari dua sudut pandang. Jika merujuk kepada persyaratan hadits mutawatir , yang menetapkan batas minimal perawinya terdiri atas lima orang pada tiap-tiap thabaqat, maka hadits ini tidak layak dinyatakan sebagai hadits yang sanadnya memenuhi persyaratan mutawatir, walaupun hanya sanpai pada tingkatan mutawatir maknawi, sebab jumlah sanad yang dimilikinya rata-rata terdiri dari lima orang perawi pada setiap thabaqatnya.
Kedua, apabila yang digunakan sebagai acuan persyaratan sanad mutawatir adalah minimal sepuluh atau lebih pada tiap-tiap thabaqat, maka hadits hilangnya dosa ketiak berwudlu’ ini, hanya sampai pada peringkat hadits Aziz Ahadr. Sebab jumlah sanadnya pada tiap-tap thabaqat belum mencapai sepuluh orang atau lebih secara konsisten. Oleh karena itu diperlukan pengkajian kualitas sanad.
Ketiga, Dari hasil penelusuran terhadap biografi para perawi yang tergabung dalam sanad hadits, secara umum dapat dinyatakan memenuhi persyaratan sanad yang shahih. Para perawi yang tergabung dalam hadits terbukti sebagai orang-orang yang memenuhi syarat tsiqat, dan sanad masing-masing terbukti muttashil. Ada beberapa catatan tentang sebagian perawi yang tidak diketahui tahun wafatnya, tetapi karena terdapat bukti yang menyatakan bahwa masing perawi dengan perawi terdekat sebelum dan sesudahnya memiliki hubungan guru dan murid, maka diambil kesimpulan bahwa para perawi tersebut pasti pernah hidup se zaman . Atas dasar ukuran inilah maka disimpulkan bahwa secara umum, sanad hadits ini dinyatakan sesuai persyaratan sanad yang muttasil. Dengan demikian, maka secara umum dapat dinyatakan bahwa masing-masing sanadnya tidak memunuhipersyaratan pada tingkatan shahih atau mashur, sehingga tidak dapat dijadikan sebagi hujjah.


























2. Hadist Muwatto’
الموطء
الص حيحة : 32
باب جامع الوضوء: 31

وحدثنى مالك عن سهيل إبن صالح عن أبيه عن أبى هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إذا توضاء العبد المسلم (أوالمؤمن) فغسل وجهه، خرجت من وجهه كل خطيئة نظر إليها بعينه مع الماء (أو مع قطر الماء) فاذا غسار يديه خرجت من يديه كل خطيئة بطشتها يداه مع الماء (أو مع اخر قطر الماء). فاذا غسل رجليه خرجت كل خطيئة مشتها رجلاه مع الماء (أو مع اخر قطر الماء) حتى يخرج نقيا من الذنوب.









3.Jami’us Shohih
جامع الصحيح
الصفحة : 7-6
ماجاء فى فضل الطهور 20
حدثنا إسحق إبن موسى الانصاري حدثنا معنى بن عيسى (القرار) حدثنا مالك بن أنس ح محدثنا قتيبة عن مالك عن سهيل بن صالح عن إليه عن أبى هريرة قال: قال: رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا توضاء العبد المسلم، أوالمؤمن، فغسل وجهه خرجت من وجهه كل خطيئة نظر إليها بعينة مع الماء، او مع اخر قطر الماء، أو نحو هذا، وإذا غسل يديه خرجت من يديه كل خطيئة بطشتها يداه مع الماء، أو مع اخر قطر الماء، حتى يخرج نقيا من الذنوب.









4. Ibnu Majah
سنن إبن ماجة
الصفحة : 104
باب ثواب الطهور: 282-283

حدثنا سويدابن سعيد حدثنى حفص ابن ميسرة. حدثنى زيدان أسلم عن عطاء ابن يسار عن عبدالله الصنا بحى عن رسول الله صلعم قال: من توضاء فمضض واستنشق جرجت خطاياه من فيه وأنفه. فاذا غسل وجهه خرجت حطاياه من وجهه حتى يخرج من تحت أشفار عينه فاذا غسله يديه خرجت خطاياه من يديه. فاذا مسح براءسه خرجت حطاياه من رأسه حتى يخرج من أذنيه فاذا غسل رجليه خرجت خطاياه من رجله حتى تخرج من تحت أظفار رجليه، وكانت صلاته ومشيه إلى المسجد نافلة.
حدثنا أبو بكر بن أبى شيبة ومحمد ابن يشار قالا: حدثنا ننذر محمدبن جعفر عن شعيبة عن يعلى بن عطاء هن يزيد ابن طلق عن عبد الرحمن بن البيلماني عن عمروبن عبسة قال: قال رسول الله صلعم إن العبد إذا توضاء فغسل يديه خرت حطاياه من يديه فاذا غسل وجهه خرجت خطاياه من وجهه. فاذا غسل ذراعيه ومسح براءسه خرجت خطاياه من ذراعيه ورأسه فاذاغسل رجليه خرجت خطاياه من رجليه.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar